Misteri Pola Aneh di Dasar Laut

Mungkin sebagian orang sudah mulai terbiasa dengan pola-pola misterius di tengah padang luas yang disebut Crop Circle. Namun bagaimana jika pola misterius juga ditemukan di dasar laut?


Meskipun pola di dasar laut ini tidak dibentuk di tengah ladang tanaman, pola yang dibentuk di atas pasir di dasar laut ini sempat mengundang keheranan sebelum akhirnya misteri terpecahkan.

Tahun 1995 para penyelam menemukan pola yang aneh namun indah di dasar laut lepas pantai Jepang. Pola-pola yang sama juga bermunculan di sekitarnya dengan pola geometris yang mirip dan datang dan hilang begitu saja. Selama lebih dari satu dekade misteri ini tidak terpecahkan.

Namun akhirnya siapa pembentuk pola misterius ini diketahui. Spesies ikan yang baru-baru ini ditemukan, disebut Pufferfish, diketahui sebagai pencipta pola misterius di dasar laut itu. Ikan Pufferfish jantan menggunakan sirip mereka di atas sedimen di dasar laut sehingga membentuk pola yang mengagumkan. Meski ukuran Pufferfish hanya 12cm, tapi pola yang mereka bentuk bisa mencapai diameter hingga 2 meter.




Share on Google Plus

About sangkolektor.com

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment